1 April 2010

it's that time of the year: Chapter Jakarta's 2011-2012 Selection Series

Iya, kamu yang di sana! Yang di pojokan itu. Juga kamu yang sedang duduk di bawah pohon, kamu kelas 1 SMA, 'kan? Ah, ya, Mba dan Mas juga pasti kenal seorang anak yang sekarang sedang duduk di kelas 1 SMA 'kan? I am proud to announce that the time of the year has come for Yayasan Bina Antar Budaya Chapter Jakarta Selection Series!! Ini kesempatan yang hanya dibuka satu tahun sekali untuk siswa yang sedang belajar di kelas 1 SMA atau sederajat untuk mengikuti seleksi pertukaran pelayar Bina Antarbudaya/ AFS. Kalau kamu masih kelas 3 SMP berarti kesempatan kamu tahun depan. Kalau kamu sudah ngga kelas 1 SMA, maaf kesempatan kamu sudah lewat, tapi kamu bisa sebarkan informasi berharga ini ke kolega kamu yang masih kelas 1 SMA. Read on, guys.


Sedikit gambaran singkat. Yayasan Bina Antarbudaya adalah sebuah yayasan non-profit yang mengakomodasi pembelajaran antarbudaya - The Indonesian Foundation for Intercultural Learnings. Yayasan ini adalah mitra dari AFS Intercultural Programs yang telah mengelola program pertukaran budaya selama lebih dari 60 tahun. Awalnya (dan pusatnya sekarang) memang di Amerika, tapi kini AFS sudah tersebar di lebih dari 50 negara. Di Indonesia, program AFS sudah dimulai sejak tahun 1956. Baru di tahun 1982, program ini dinaungkan (?) dalam Yayasan Bina Antarbudaya untuk penyelenggaraan program AFS.

Apa yang perlu kamu lakukan? Kamu hanya perlu membeli formulir pendaftaran untuk mengikuti seleksi. Formulirnya dapat dibeli di kantor Chapter Jakarta harganya Rp. 35.000,-. Lumayan lah, investasi sedikit untuk masa depan. Kalau terpilih, kandidat akan diberangkatkan ke negara-negara seperti: Jepang, Amerika, Belanda, Belgia, Jerman, dll untuk tinggal dan menjalani kehidupan serta pengalaman antarbudaya selama satu tahun!

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cari tahu di sini. Kalau kamu masih ragu, coba cari informasi sebanyak-banyaknya dulu aja. Cuma, ya, jangan sampai lewat tanggal 28 April, nanti keburu sudah tutup.

Buat yang berdomisili di luar Jakarta, Yayasan Bina Antarbudaya juga memiliki chapter di: Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Bogor, Bandung, Jakarta, Karawang, Semarang, Jogja, Malang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Samarinda. (Untuk daftar dan contact details tiap chapter bisa dilihat di sini) Perlu diingat, jangka waktu pendaftaran, harga, dan sistem pendaftaran setiap chapter kemungkinan besar akan berbeda dengan sistem di Jakarta. Mohon berkomunikasi dengan masing-masing chapter untuk informasi lebih lanjutnya, ya.

1 comment:

Anonymous said...

YAAAY!! Ayo ikutan!!